Kamis, 21 April 2011

UN dan SNMPTN

Ahoj, ahoj...

Bonjour..

Happy Kartini`s Day to us, Indonesian women :) . Although I am not a woman yet. Well then, Gue denger hari ini adalah hari terakhir dari hari Ujian Nasional. Ujian yang membelenggu setiap pelajar kelas 3 SMA.

Ngomongin Ujian Nasional , gue inget tepat setahun yang lalu pas gue melalui yang namanya Ujian Nasional. Mati-matian gue belajar. Ampe bengek rasanya ngeliat buku-buku dan ngeraut pensil 2B. Dan mata pelajaran yang bikin gue keki banget itu Kimia, Fisika sama Matematika. Yak, semuanya.

Dan begitu Ujian Nasional selesai, bukan berarti bisa tenang juga. Malah justru gue makin stress mikirin hasilnya. Tapi yah, Alhamdulilah . Akhirnya gue bisa lulus dengan hasil yang lumayan.

Tetapi sebenernya, ujian yang terberat menurut gue adalah SNMPTN. Ujian itu 10 kali jauh lebih berat dibandingin UN. In my opinion sih..

Pada Ujian SNMPTN kita bersaing dengan ribuan anak di seluruh Indonesia untuk merebut bangku kuliah di universitas impian kita. Kita gak bisa hanya ngandelin sisi akademik kita. Kita juga harus punya strategi tertentu ketika ngerjain soal-soal itu. Kecepatan dan ketepatan juga sangat diperluin banget. Ketenangan dan kontrol emosi juga gak kalah penting dibutuhin.

Dan yang penting juga adalah doa. Beneran deh, kekuatan doa besar banget. Minta doa dari orangtua,nenek,kakek,pokoknya orang-orang terdekat deh. Kita juga wajib berdoa untuk kelancaran diri kita  pas ngerjain soal-soalnya.

Terakhir adalah pasrah. Pasrah aja sama Allah SWT sama hasilnya. Kalo kita udah berusaha dengan maksimal then we can increase our praying. You know, our effort will be equal to the result later.

mandi dulu ah..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar